Suluban Beach



Setelah beberapa kali ke pantai rasanya nggak lengkap kalau nggak datang ke Pantai yang beda, maksudnya kalau hanya pantai dengan laut dan pasir tentu di setiap daerah ada. Dan setiap liburan ke Padang nggak jarang aku dan keluarga ke pantai bahkan nyebrang ke Pulau. Di Bali bagian ujung Barat banyak pantai yang beda dari pantai biasa lainnya, entah terdapat tebing dekat pantainya atau terdapat hamparan rumput tepat disebelah pantainya.

Suluban Beach adalah salah satu pantai yang ingin dikunjungi, lokasi nya berada di daerah Uluwatu (cek lokasi disini). Perjalanan dari Renon ke Uluwatu memakan waktu sekitar 45 menit, ohiya di daerah Uluwatu sangat susah menjumpai transport online. Jadi kalau mau kesini sebaiknya rental mobil/motor.

Sampai disana kami mencari tempat parkir yang letaknya dekat sekali dengan resort/rumah, tidak terlihat pintu masuknya jadi kami bertanya. Biaya masuk tidak ada, hanya ada biaya parkir Rp5.000,-/mobil. Setelah itu akan ada beberapa tempat  kecil yang menjual aksesoris khas Bali. Kemudian kita bertemu tangga yang lumayan banyak dan turun untuk menuju pantai. Kabar baiknya tangga nya sudah terbuat dari semen, kabar buruknya tangga nya agak miring kebawah dan ada monyet.


 Setelah itu kita bisa jumpai lagi beberapa toko yang lagi-lagi menjual aksesoris khas Bali dan alat-alat untuk surfing, juga terdapat beberapa toilet umum yang bersih. Lalu kita jumpai tulisan  Pantai Suluban Uluwatu Bali dan lagi tangga yang kali ini agak sedikit ekstrim dari yang sebelumnya tetapi belum ada apa-apa dengan jalanan menuju Nyang Nyang Beach.


Lalu ada tangga menuju seperti kapal gitu dan sepertinya itu Restaurant, kurang tau bagaimana rasa makanannya atau bagaimana suasananya di dalam karena tidak mampir kesana. Jalan ke kanan itu ada seperti Gua, bisa masuk kesana. Tapi jalan untuk kesana lewat batu-batu berlumut dan seperti terumbu karang, sebaiknya kalau kesini pakai sandal jepit atau sandal gunung biar aman. Dan hati-hati saat jalan di atas batu yang berlumut, selain karna licin banyak kepiting kecil yang masuk-keluar dari lobang-lobang batu juga ada beberapa hewan lainnya yang tentunya warnanya nyaru sama batu-batunya.


 Setelah jalan-jalan, main air dan puas mungut kerang yang tentunya udah tinggal cangkang nya kami keluar dan siap-siap menuju Nyang Nyang Beach. Okay ditunggu ya tulisan tentang Nyang Nyang Beach nya, stay tuned! Thankyou for your time. See you on another journey and don’t forget to be the best of your self!









-sitihaniefah-
Jakarta, November 2018

Comments

Popular Posts