Nusa Penida

Kelingking Beach


            Nusa Penida adalah salah satu Pulau yang wajib dikunjungi kalau kamu liburan ke Bali. Pemandangan alam yang eksotis akan memanjakan mata mu. Tentu nya akan menambah rasa syukur pada Allah dan tak henti-henti nya memuji nama Allah.

            Aku pergi bersama teman dan 1 orang yang menjadi tour guide kami untuk sehari. Kita mengunjungi 4 tempat dalam sehari. Sebenarnya kalau benar-benar ingin menikmati alam lebih baik menginap, tetapi selain karena biaya juga karena weekday harus kerja. Walaupun 1 hari pemandangan yang dilihat benar-benar worth it kok. Ohya untuk kesana menurut ku sih lebih murah memakai jasa tour atau bisa pakai tour guide freelance sepertiku. Karna kalau sendiri agak repot disana nya. Disana harus pakai kendaraan kalau ingin ke berbagai tempat, dan pilihan nya ya rental. Tapi kalau urus semua sendiri total biaya yang di keluarin akan lebih besar dari jasa tour, karena tiket kapal pulang-pergi aja udah besar.



Menuju Nusa Penida

            Kapal nya nyaman yang awalnya aku pikir kapal kecil biasa yang jendelanya terbuka, ternyata bukan. Kira-kira kapal dapat menampung sekitar 60 penumpang dan diatas tempat awak kapal. Kami disuruh melepas alas kaki sebelum masuk kapal dan alas kaki di kumpulkan di sebuah rak plastik. Kursi kapal agak tinggi jadi kaki menggantung.


 
Suasana dalam kapal

            1 hari di Nusa Penida kami dapat mengunjungi 4 tempat yaitu Angel Billabong, Broken Beach, Kelingking Beach dan Crystal Bay. Perjalanan dimulai jam 8 pagi nyebrang dari Pantai Sanur sampai jam 5 sore berangkat dari dermaga di Nusa Penida. Memakan waktu 30 menit di kapal. Tetapi pada jam 4.30 sore kami di haruskan sudah tiba di dermaga Nusa Penida jadi waktu selama di Nusa Penida kira-kira sekitar 8,5 jam termasuk waktu untuk makan siang dan sholat pastinya. Ohya ada Masjid Ali-Imron tidak terlalu jauh dari dermaga di Nusa Penida, cek lokasi disini.

Angel Billabong


 
Broken Beach

            Untuk waktu di masing-masing tempat kira-kira bisa 1 - 1,5 jam tergantung situasi dan kondisi cuaca dan jalan. Kalau jalan macet mungkin bisa hanya 1 jam atau kurang, atau mungkin cuaca yang tiba-tiba mau hujan. Jadi kalau mau 1 hari saja ke Nusa Penida rasa nya benar-benar harus di buat plan agar pulang tidak membawa rasa penyesalan dan penasaran.

Sebelum menuju Kelingking Beach


Indomie Rp30.000,-
Kelingking Beach

            Jangan lupa atur waktu makan siang dan mau makan dimana, karna kami saat makan siang itu di Kelingking Beach beli indomie ternyata harganya Rp30.000,-. Sebelumnya memang diperingati oleh tour guide untuk tidak makan di tempat wisata karna mahal, tetapi yang dipikirin saat itu agar waktu nggak kepotong banyak buat makan jadi makan di tempat dan mikirnya indomie paling nggak mahal banget. Dan bahkan katanya aqua yang ada di bawah tebing Kelingking Beach mencapai Rp20.000,-/botolnya. Jadi kalau kamu ingin yang budget jangan lupa dipersiapkan semuanya karena makanan dan minuman yang dijual di tempat pariwisata harga nya akan sangat jauh dari ekspetasi.

Unik nya pasir Crystal Bay agak Kehitaman
Kepiting yang banyak ditemuin di Crystal Bay
Crystal Bay

            Untuk biaya masuk ke Angel Billabong dan Broken Beach Rp5.000,-/orang tempat nya sangat dekat, bisa dibilang 1 tempat karena dari Angel Billabong ke Broken Beach ditempuh dengan jalan kaki. Karcisnya pun di gabung. Biaya masuk Kelingking Beach Rp5.000,-/orang dan Crystal Bay Rp2.500,-/orang. Ohya selama perjalanan kami naik mobil pick-up untuk menghemat biaya, tapi menurut ku lebih seru apalagi kalau rame-rame. Advanture nya akan lebih terasa karena ada beberapa jalan yang masih belum terlalu halus. Tapi bagi yang kurang suka adventure bisa kok request mobil tentu dengan harga yang berbeda pula.

Kondisi jalan
Mobil kami selama disana
Nama kapal yang kami naiki
Dermaga Nusa Penida
Waktunya masuk pulang
Dapat duduk di barisan kedua dari depan saat pulang

            Sekian informasi dan cerita perjalanan ke Nusa Penida, semoga dapat membantu bagi yang ingin berencana mengunjungi. Dan bagi yang ingin sekali tetapi masih dalam proses untuk mengumpulkan uang atau mencari waktu yang tepat, semoga di segerakan oleh Allah aamiin. Bagi yang ingin bertanya tentang hal lain atau tentang tour guide dapat bertanya di kolom komentar, insyaAllah di jawab. Thankyou for your time and don’t forget to be the best of your self! See you on another journey!






-sitihaniefah-
Bali, November 2018

Comments

Popular Posts